Home Book Bahasa Indonesia Seni di Arab Saudi dan Indonesia: Sejarah dan Perkembangan Kontemporer

Seni di Arab Saudi dan Indonesia: Sejarah dan Perkembangan Kontemporer

0
415

Buku ini mengkaji dinamika sejarah dan perkembangan kontemporer dunia seni di Arab Saudi dan Indonesia. Di saat dunia seni di Indonesia sedang “lesu darah”, kesenian di Arab Saudi justru sedang bergairah. Kenapa bisa demikian?

Membandingkan dunia kesenian di Arab Saudi dan Indonesia ini menarik karena keduanya memiliki bentuk dan corak sistem politik-pemerintahan, struktur masyarakat, kompleksitas religiusitas, atau geo-kultural berlainan yang turut membentuk dan mempengaruhi sejarah dan perkembangan kesenian di kedua negara.

Sejumlah pertanyaan yang ingin digali dalam studi ini, antara lain, bagaimana asal mula munculnya kesenian di Arab Saudi dan Indonesia? Bagaimana nasib aneka ragam kesenian di kedua negara itu saat ini? Apa faktor penyebab perkembangan, kemerosotan, atau kebangkitan kembali dunia seni di kedua negara ini?

Bukan hanya mengkaji sejarah dan perkembangan mutakhir, studi ini juga untuk menjaring opini publik masyarakat Arab Saudi dan Indonesia tentang pandangan mereka terhadap dunia seni serta cara atau strategi merawat, melestarikan, menghidupkan, memperjuangkan, dan memajukan aneka ragam kesenian tersebut supaya tetap eksis dan lestari sepanjang masa.

*Jika berminat edisi cetak, silakan kontak WA: 082225129241 (Salam)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here