Buku ini bukan “buku ajar” tentang seluk-beluk dunia perbankan. Fokus utama buku ini adalah tentang dinamika sejarah dan perkembangan kontemporer tentang sistem dan praktik perbankan di Timur Tengah, khususnya Arab Saudi, baik “perbankan Islam” maupun “perbankan sekuler”, yang masih banyak disalahpahami di Indonesia.

Banyak masyarakat Indonesia yang mengira kalau negara-negara mayoritas berpenduduk Muslim di Timur Tengah mengikuti sistem perbankan yang berbasis pada ajaran normatif hukum Islam (atau di Indonesia populer dengan sebutan “bank syariah”). Padahal, realitasnya tidak demikian. Ada banyak bank sekuler-konvensional, baik lokal maupun asing, di kawasan ini.


Untuk melengkapi atau menunjang bahasan topik utama ini, ditambahkan sejumlah subbahasan lain yang juga penting untuk didiskusikan dan diketahui oleh publik seperti polemik riba dalam Islam, kontroversi pendapat para ulama dan fuqaha tentang bunga bank, serta dinamika munculnya “bank syariah” di Indonesia.

Tak lupa, buku ini juga menyajikan aneka ragam pendapat publik, khususnya masyarakat Arab Saudi dan Indonesia, tentang sistem dan praktik perbankan di negara mereka masing-masing.

Klik link ini untuk download

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.